Selasa, 19 November 2013

cara menjadi orang yang mandiri


Cara Menjadi Orang yang Mandiri

Mandiri jika kita terjemahkan dalam bahasa sehari-hari maka dapat berarti mandi sendiri tidak bergantung kepada orang lain atau berdikari. Setiap orang menginginkan kemandirian bisa melekat dalam dirinya. Tetapi banyak yang mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Ada yang disebabkan karena terlalu dimanja, ada juga yang karena gengsi untuk hidup mandiri. Bagi saya sendiri mandiri adalah rasionalitas, mandiri itu bukan berdiri sendiri, melainkan kemampuan menggunakan pikiran untuk mempertahankan hidup.
Banyak makhluk hidup yang tidak lolos dari seleksi alam, karena mereka tidak mampu beradaptasi dengan baik. Mereka tidak menggunakan kelebihan yang dimiliki secara optimal. Hanya makhluk yang punya kemampuan adaptasi yang mampu lolos, dan diantaranya adalah burung dan manusia. Burung memiliki kelebihan pada sayapnya, dimana mereka bisa terbang bebas, mereka dapat dengan mudah mencari makan dan menghindari kematian dari predator. Sedangkan manusia tidak punya sayap, yang dimiliki hanyalah akal. Tetapi tetap saja manusia terancam punah bila sendirian menghadapi alam karena fisiknya yang jauh lebih lemah dibandingkan dengan hewan-hewan lain. Oleh karena itu manusia membentuk sebuah kelompok untuk bertahan hidup, bertukar pikiran tentang cara berburu lalu bekerjasama mencari makanan dan saling melindungi ketika bahaya mengancam. Dan sampai saat ini kehidupan berkelompok masih diterapkan, hanya saja yang terjadi di Indonesia, tanpa kemampuan adaptasi.
Indonesia masih terikat pada aturan kuno, tidak berani berubah sama sekali. Jadi wajar saja apabila kelak rakyat Indonesia punah karena gagal melewati seleksi alam yang kejam ini, ditambah lagi sistem kapitalisme semakin membabi buta melumpuhkan kelas buruh yang merupakan mayoritas. Kembali kepada apa dan bagaimana cara menjadi orang mandiri, dapat kita gali lebih dalam lagi melalui cerita di atas.
Mandiri -> Adaptasi -> Problem Solving -> Rasionalitas -> Fisik
Sebuah kemandirian memerlukan kemampuan adaptasi, untuk beradaptasi kita harus melakukan pemecahan masalah-masalah baru dengan menggunakan rasionalitas secara optimal. Kekuatan manusia terletak pada akal, karenanya latih otak anda terus dalam pemecahan masalah, bisa dengan belajar matematika ataupun bermain catur dan hal lainnya yang bisa memperbaiki logika anda. Untuk menghasilkan akal/pikiran yang baik maka diperlukan kondisi fisik yang baik, yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta cukup istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar